Minggu, 04 Januari 2015

KKN Vokasi 2014

KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, dimana mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah disusun untuk dapat direalisasikan, bagaimana bersosialisasi, berinteraksi dengan kehidupan bermasyarakat dalam suatu tempat atau wilayah tertentu dengan menerapkan disiplin ilmu yang dimiliki kepada masyarakat.

Lokasi Kuliah Kerja Nyata Tematik Vokasi ditempatkan di Desa Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Semarang Jawa Tengah. Masyarakat Desa Bakalan Krapyak ini terdiri dari masyarakat yang heterogen. Namun walau dengan perbedaan tersebut ternyata tingkat kekeluargaan dan kegotong royongan masyarakatnya tetap terjaga.

Dari hasil survey dan observasi yang dilakukan dapat kami ambil beberapa sektor penting bahwa terdapat 4 titik vokasi yang berjalan dari 5 titik vokasi di Desa Bakalan Krapyak ini. Wujud bantuan tersebut dengan menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk program kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat sesuai dengan masalah yang timbul.

KKN Vokasi 2014 di tengah kegiatan pelatihan sablon
Adapun program tersebut yaitu aspek Pendidikan dan yang terdiri dari Kegiatan Melatih Gosok Gigi Anak Sejak Dini dan Bimbingan Belajar Dengan Membuat Kreasi Kolase di TK PERTIWI Bakalan Krapyak Kudus, Sosialisasi Kesehatan Mengenai Penyuluhan Bahaya Demam Berdarah dan Medical Check-up Pada Warga Desa Bakalan Krapyak Kudus, Posyandu (Penimbangan Berat Badan dan Pemberian Vitamin pada Balita dan pengobatan gratis untuk Lansia), Sosialisasi Pengolahan Makanan Berbahan Ikan.

Sementara itu program yang termasuk dalam aspek ekonomi yaitu, Membentuk Komunitas Pengrajin Sandal dan Pendampingan Pembuatan Jaringan Permodalan, Membuat dan Memberikan Usulan Design Produk Terbaru dan Terkini, Pemasaran Produk Melalui Konsinyasi (titip) Di Toko Sandal dan Pengadaan Display Di Pasar Swalayan, Pembuatan Leaflet dan Pamflet Pemasaran Produk Kopi dan Teh Rempah, Pemasaran Produk Melalui Konsinyasi (titip) Di Kedai Minuman, Mengadakan Kegiatan Demo Masak Makanan Berbahan Ikan, Mengajari Para Pemuda dan Remaja Untuk Kegiatan Pelatihan Sablon, Penyempurnaan Blog Desa Bakalan Krapyak Serta Memuat Semua Profil UMKM Di Desa Bakalan Krapyak.

Galeri Foto Kegiatan KKN Vokasi 2014

0 komentar:

Posting Komentar