Jumat, 05 Agustus 2011

Pencanangan Desa Bakalan Krapyak sebagai Desa Pancasila

Jumat, 22 Juli 2011 bertempat di Balai Desa bertepatan dengan diadakannya Pembentukan Desa Pancasila. Di setiap kecamatan aka nada satu desa yang akan ditetapkan sebagai Desa Pancasila pada awalnya, namun lebih diharapkan lagi setiap desa bahkan Kabupaten Kudus menjadi Kota Pancasila selain yang sudah dikenal sebagai Kota Kretek.

Pembukaan secara resmi oleh Letnan Kolonel Infantri Dwi Sunyata
Penunjukan Desa Bakalan Krapyak oleh KORAMIL sebagai percontohan dengan alasan banyak berdirinya pusat industri pabrik rokok PT. Djarum dan Polytron. Pembukaan dilakukan di Balai Desa Bakalan Krapyak secara resmi oleh Letnan Kolonel Infantri Dwi Sunyata.

Sasaran dari program yang dilakukan oleh KORAMIL adalah masyarakat secara keseluruhan dalam rangka untuk mengingatkan kembali dan menumbuhkan jiwa nasionalisme yang sedikit demi sedikit menjadi luntur di kalangan generasi muda jaman sekarang.

Pemaparan materi oleh Mayor Infantri Budi Yatna di PT. Djarum
Sehingga secara serentak dilaksanakan di 7 tempat yang berbeda yaitu Balai Desa bakalan Krapyak, PT. Djarum, Polytron, MAN 2 Kudus, MTSN, SD 01 Bakalan Krapyak, dan Terminal Wisata. Sehingga dari pemaparan yang diberikan oleh petinggi yang ikut berpartisipasi diharapkan dapat menyampaikan materi kepada masyarakatnya sampai pada tingkat RT.

Pemaparan materi di Balai Desa Bakalan Krapyak
Selain itu, forum ini sifatnya mengkader orang tua agar dapat disampaikan secara sederhana dan mudah diterima sesuai pemahaman anak-anak supaya tertanam dalam pikirannya sejak dini mengenai arti penting pancasila serta filsafatnya. Dan harapannya dari kegiatan semacam ini juga akan terus berlanjut.

Pembentukan Desa Pancasila dilatarbelakangi karena adanya kasus konflik – konflik antar suku, maka Dandim berinisiatif membentuk Desa Pancasila di Bakalan Krapyak yang bukan berarti di Desa Bakalan Krapyak terjadi konflik antar suku melainkan dalam bentuk antisipasi agar dapat mengahindarinya.

1 komentar:

  1. desa pancasila ini program pemerintah pusat atau bagaimana yah ??? kemarin saya dapat berita, kampung saya menjadi desa percontohan pertama untuk desa pancasila. sementara setelah sy membaca di atas ini, ternyata desa bakalan Krapyak sudah lebh dulu.

    terima kasih
    silahkan berkunjung kembali Alternative Road | Ilmu dan teori komunikasi Politik

    BalasHapus